Terkini

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah di Lombok, Kerugian Capai Jutaan Rupiah

×

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah di Lombok, Kerugian Capai Jutaan Rupiah

Sebarkan artikel ini
Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Kuripan Lombok Barat, Kerugian Rp 3 Juta

KuripanLombok Barat – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan KuripanLombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa (12/3/2024) pagi, menyebabkan sebuah pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Kapolsek Kuripan, Ipda Fahrizal Eko Suryanto, mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 Wita di Dusun Monto, Desa Kuripan. Pohon tumbang tersebut menimpa rumah milik Dewa Ayu Nengah Persi, seorang pedagang.

“Akibat kejadian tersebut, atap rumah korban mengalami kerusakan cukup parah dan kerugian ditaksir mencapai Rp 3 juta,” kata Fahrizal dalam keterangannya.

Mendapat laporan kejadian tersebut, Kapolsek Kuripan bersama anggota SPKT 3 dan tim dari BPBD Lombok Barat langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan dan pemotongan batang pohon.

“Proses evakuasi berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan berjalan dengan aman dan lancar,” terang Fahrizal.

Lebih lanjut, Fahrizal mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat terjadi kapan saja.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati saat cuaca buruk. Segera hubungi pihak berwajib jika terjadi pohon tumbang atau kejadian lainnya yang membahayakan keselamatan,” imbaunya.

Dampak Cuaca Ekstrem

Peristiwa pohon tumbang di Kuripan ini merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem yang melanda wilayah NTB beberapa hari terakhir. Hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan kerusakan di beberapa wilayah di NTB.

Sebelumnya, pada Senin (11/3/2024), angin puting beliung juga telah menyebabkan kerusakan di beberapa wilayah di Lombok Tengah. Sebanyak 27 rumah warga dilaporkan rusak akibat peristiwa tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah NTB. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti informasi terbaru dari BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *